PERBEDAAN BLOG DENGAN WEBSITE
PERBEDAAN BLOG DENGAN WEBSITE | hallo sobat connelo Ic,ketemu lagi sama saya tentunya dalam postingan terbaru sobat.
Kemarin saya sudah membuat artikel yaitu tentang Ciri-ciri Blog Yang Disukai Om Google
Nah kali ini saya akan membahas tentang blog dan juga website.Blog dan Website tidak sama dan memiliki berbagai perbedaan.

Perbedaan antara keduanya cukup membingungkan bagi sebagian besar orang.Sebagian orang merasa bingung antara blog dan website sementara yang lain ada yang belum mengerti tentang keduanya. Dalam rangka untuk menghapus pandangan anda tentang blog dan website, kami akan berbagi pengetahuan tentang perbedaan antara Blog dan Website.

Blog dan website merupakan media yang dapat kita gunakan untuk membagikan konten berupa teks,gambar,video dan audio kepada banyak orang.Pengguna blog dan website selalu bertambah seiring dengan perkembangan teknologi informasi.Salah satu penyebabnya adalah kebutuhan kita terhadap blog dan website yang selalu meningkat serta kemudahan untuk membuat menggunakannya.Meskipun sepintas keduanya sama,tetapi pada dasarnya blog dan website merupakan dua media yang berbeda.
Sebuah blog dan website memang sama sekali berbeda dalam banyak hal. Anda tidak bisa menganggap keduanya itu satu hal yang sama. Untuk memiliki perspektif yang jelas mengenai keduanya, mari kita lihat perbedaannya di bawah ini. Cekidot

1. Menurut Wikipedia

Blog adalah sebuah situs diskusi yang terdiri dari enteri diskrit yang dipublikasikan di WWW (World Wide Web). Sementara website adalah sekumpulan halaman web terkait yang disajikan dari satu domain.
"Blog merupakan kontradiksi dari web log" "Website merupakan kontradiksi dari situs di web"

2. Pengguna

Blog dibuat untuk keperluan tulis menulis, sehingga penggunanya adalah kalangan masyararkat biasa yang ingin menyalurkan hasil tulisannya kepada banyak orang. Satu blog biasanya dimiliki dan dikelola oleh satu orang. Sementara website dimiliki oleh satu orang atau lebih sesuai dengan tujuan dibuatnya. Pemilik website biasanya adalah kalangan profesional yang membutuhkan website sebagai media untuk menginformasikan sesuatu hal kepada banyak orang melalui internet.

3. Tujuan

Blog diciptakan untuk keperluan pribadi. Blogger atau pemilik blog biasanya menggunakan blog sebagai media untuk menuliskan catatan pribadinya agar dapat dibagian kepada teman-temannya. Seiring dengan perkembangan waktu,fungsi blog bergeser dari semula untuk keperluan pribadi bertambah menjadi fungsi media bisnis online. Sementara itu kemunculan website memang diciptakan pemiliknya untuk keperluan komersial, seperti profil perusahaan dan jualan online.

4. Biaya

Kita dapat menggunakan blog dengan gratis. Hal ini karena subdomain dan webhosting sudah disediakan oleh masing-masing platform blog. Jika menggunakan website maka kita perlu mengeluarkan uang untuk biaya sewa webhosting bulanan dan sewa domain tahunan. Meskipun demikian pengeluaran untuk biaya membuat website dapat dikurang dengan menggunakan sewa webhosting gratisan dan sewa domain bukan Top Level Domain secara gratis.

5. Kemudahan

Blog jelas lebih mudah dibuat dan digunakan dibanding daripada website. Kita hanya perlu mendaftar dan lansung menggunakan layanan blogging secara gratis. Fitur sederhana dan user friendly akan membuat pemula dapat mengoperasikan blog dengan baik Sementara jika ingin memiliki sebuah website kita perlu menyiapkan beberapa hal seperti domain,webhosting,script yang akan diunggah ke webhosting hingga software File Transfer Protocol (FTP) .Bagi pengguna pemula,kita akan merasa sedikit kesulitan ketika menggunakan website untuk pertama kalinya. Salah satu penyebabnya adalah minimnya tutorial yang memandu kita.

6. Desain template

Pada umumnya tampilan desain template website lebih bagus daripada desain template blog. Selain itu suatu desain template blog juga banyak digunakan oleh bloggeer karena template tersebut merupakan template bawaan dari platform blog atau template blog yang dibagikan secara gratis oleh beberapa situs penyedia template blog. Tampilan desain template website lebih bagus dan jarang terdapat  kesamaan antara satu website dengan website lain.Hal ini desebabkan desain template website dibuat lansung oleh pemilik website sehingga tampilannya akan sesuai dengan selera pemiliknya. Template website juga jarang dibagikan secara gratis karena proses coding script yang sulit.

7. Performa

Dengan tampilan desain template yang bagus dan fitur yang lebih lengkap membuat website lebih unggul ketika digunakan. Website yang dibuat oleh programmer akan terlihat lebih profesional dan mampu mengakomodasi kebutuhan pemilik serta pengunjung website. Blog yang ditujukan untuk keperluan tulis menulis memeilik fitur terbatas akan terklihat kaku ketika dipaksakan untuk keperluan lain seperti sebagai media bisnis online.

8. Berdasarkan Kontennya

Sebuah blog dapat berisi berbagai macam konten. Topik-topik posting dapat berupa bahasan mengenai teknologi,fashion,produk tertentu atau mengenai aktor dan atlet tertentu dengan sensasi yang baru. Sebuah blog bertindak seperti sebuah majalan digital dengan berbagai kejutan bagi pembacanya setiap hari. Di sisi lain sebuah website mewakili satu produk, satu orang, dan teknologi yang serupa. Dengan kata lain website memiliki isi dengan genre serupa.

9. Formal dan Informal Konten

Blog dan website menggunakan nada yang berbeda untuk menangani pembacanya. Website ini umumnya menggunakan nada atau bahasa formal untuk menggambarkan isinya sementara blog biasanya menggunakan nada atau bahasa yang jauh lebih sederhana dan informal untuk deskripsi kontennya.

10. Daftar Konten

Sebuah blog memiliki daftar kronologis postingan. Semua tulisan yang telah anda buat disusun dari yang terbaru sampai yang terlama. Setiap kali anda mengunjungi sebuah blog biasanya anda lansung menemui daftar beberapa konten yang pernah diposting oleh pemiliknya. Sementara bila anda mengunjungi website anda tidak akan menemui daftar itu. Data yang ada dalam website biasanya statis.

11. Coding

Ketika membicarakan blog dan website orang biasanya takut dengan coding. Jika anda memilih blog, Anda tidak perlu khawatir. Untuk menciptakan sebuah blog, anda tidak perlu seorang yang ahli di bidang pengkodean. Anda cukup mendownload template dan memulai dengan belajar dasar pengkodean. Berbeda dengan website anda harus paham dan mengerti pengkodean seperti HTML5, CSS3, PHP, dan lain-lain.

12. Homepage

Untuk blog dan website,homepage sama sekali berbeda. Dalam sebuah website,homepage menjelaskan isi dasar situs web. Ini akan memberitahu pengunjung tentang jenis produk yang ditawarkan oleh website itu. Namun homepage blog dibanjiri berbagai tulisan yang telah diposting.

13. Rating

Sebuah blog sebagian besar dianggap aktif tergantung pada jumlah pengunjung aktif yang dimilikinya. Jumlah pembaca menentukan peringkat blog. Sebuah rating yang baik sangat penting untuk blog untuk berhasil dan mendapatkan lallu lintas ebanyak mungkin. Di sisi lain sebuah website tidak dipengaruhi oleh hal seperti pada blog.

14. Waktu

Waktu yang tepat sangat penting untuk sebuah blog yang sukses! Anda perlu mengirim posting anda biasanya antara pukul 08.00 sampaii jam 12.00 untuk menarik pembaca ke blog. Namun pada website waktu tidak ada hubungannya dengan itu. Website itu tidak tergantun pada waktu

15. Interaksi Pengguna

Keluar dari blog dan website, blog dianggap lebih interaktif. Blog menawarkan pengunjung berupa opsi untuk berkomentar, menyukai dan membagikan postingan. Sementara website biasanya admin memblok komentar sehingga membuat website kurang interaktif

16. Search Engine

Setiap kali pengguna mencari menggunakan mesin pencari teertentu maka blog yang akan lebih banyak dibandingkan dengan website. Karena blog terus berubah, itu menyebabkan mesin pencari melakukan pencarian lebih banyak pada blog. Namun isi website ini statis sehingga website memiliki pencarian yang terbatas.


Blog dan Website mempunyai peran penting untuk memperkaya informasi yang dibagikan kepada orang-orang yang disebarluaskan melalui internet.

Sekian dari saya tentang blog dan web, terimakasih sudah membaca ya sobat.Semoga apa yang saya bagikan,bermanfaat dan bisa diterima atau diterapkan oleh sobat semua.

36 komentar:

  1. tetap enakan main blogspot gan , simple

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang gan, ane sendiri bingung dengan website

      Delete
  2. wah , masih enakan blogger donk klw gini.

    ReplyDelete
  3. saya lebih suka blog karena gratissan. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha memang orang indonesia suka yang gratisan ya ^_^

      Delete
  4. enakan blogger gratis dibanding wabsite bayar

    ReplyDelete
  5. dari kotak komentar juga membedakan mana blog mana website :)

    ReplyDelete
  6. wah jadi itu perbedaanya ane belom pernah dengar

    ReplyDelete
  7. cukup susah memang membedakan mana blog dan website, nice info bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga dengan membaca yang diatas sekarang jd tau mana perbedaanya ya sob ^_^

      Delete
  8. Pilih blog aja lah yg gratis..
    kalau web ane takut kena deface. hehe.
    blogwalking

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih gan, repot nanti kalo kena deface
      thanks ya gann

      Delete
  9. wew keren gan artikelnnya bermanfaat!
    sukses selalu
    #salam damai

    ReplyDelete
  10. keren nih sob artikel'a, sekarang saya udah ngerti perbedaannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sip gan, semoga menambah pengetahuannya :D
      thanks yaa

      Delete
  11. kalo ane termasuk setia ke blog aja deh. tapi ane ada nih sob web,, untuk penggunaannya bisa di transfer kayak Blog.. jadi nggak ribet... cuma tetep aja bayar hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha saya juga setianya ke blog :D
      terimakasih ya sudah berkunjung dan berkomentar ^_^

      Delete
  12. kalo ane punya website hanya untuk jualan domain / hosting paling. ^_^

    cita2 w jadi webmaster gan.

    thanks kunbal nya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya main yg gratis aja deh pake blog hehe ^_^
      thanks juga gan

      Delete
  13. Kalo blog sama wordpress bagus mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama bagus sih gan, tapi kalau wordpress itu simple, tidak seperti blog yg bisa dibuat template dengan bermacam-macam bentuk ^_^
      ane jg lebih suka blog

      Delete
  14. oh gitu yah gan perbedaan nya :) sangat bermanfaat gan (y)

    www.Anangshare.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan,^_^ terimakasih ya sudah berkomentar

      Delete
  15. kalo blog dengan wordpress? atau wordpress dengan website?
    back ya www.elcyber31.blogspot.com

    ReplyDelete
  16. pake blog aja deh, biar bisa terdeteksi mbah google.. point terakhir tu ya?? heheh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,pake blog aja deh gan :D
      makasih gan sudah berkunjung

      Delete
  17. baru tahu xlo perbedaan blog dan website i2

    thanks gan

    ReplyDelete
  18. ternyata berbeda ya mas? thanks deh udah share, berkat blog ini saya jadi tau
    terimakasih master infonya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya berbeda bro, semoga bermanfaat yaa
      terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  19. saya lebih suka pake blogspot yg dicustom ke domain berbayar seperti www.hartabonan.com

    ReplyDelete

Dibaca dulu ya sebelum berkomentar ^__^
Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak.
Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus,TOLONG beri komentar yg relevan
2. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
3. Dilarang menggunakan link aktiv. Link aktiv tidak akan berpungsi.
4. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa PERSETUJUAN dari saya.
5. Bergabung dengan kami untuk menjadi member Klik "Join to Member "

Grazie ^_^

 
Top