BOUNCE RATE?PERINGKAT MEMANTUL?
BOUNCE RATE?PERINGKAT MEMANTUL? | Haloo sobat conneLo ic, kembali lagi saya akan update artikel nih, horee.Di minggu-minggu ini saya sedang sangat ingin berbagi dan juga membahas soal SEO nih sobat. Nah di artikel yang sebelumnya saya telah membahas Cara Mempercepat Loading Pada Blog . Nah kali ini saya akan membahas tentang bounce rate yang sebelumnya sudah saya sebut di artikel saya sebelumnya. Waduh apa tuh bounce rate? bounce dalam bahasa inggris memantul, rate dalam bahasa inggris peringkat? Haha ngaco aja nih, bukan itu sebenarnya pengertian dari Bounce rate.
Terus apa itu bounce rate? Bounce rate adalah presentase pengunjung yang meninggalkan blog anda setelah hanya membuka satu halaman saja tanpa mengunjungi halaman lainnya.

Bounce Rate itu terjadi karena visitor atau pengunjung yang berkunjung datang ke blog kita hanya bersedia membuka satu halaman saja tanpa ingin membuka halaman pada artikel yang lainnya yang telah ada dalam postingan blog. Banyak hal yang menyebabkan Bounce rate, salah satunya adalah kurang berbobotnya artikel yang disediakan. Selain itu bisa saja blog yang kita miliki terlalu berat proses loadingnya, jadi membutuhkan waktu yang relatif lama untuk membuka satu halaman saja.
Dalam kondisi ini secara lansung membuat visitor merasa bosan dan menjadi tidak sabar untuk menunggu dan lansung menutup blog kita dan mencari artikel lain yang mungkin lebih ringan loadingnya.

Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu tentang apa sebenarnya bounce rate itu. Berikut ini adalah sebuah definisi yang diberikan oleh Google Analytics, sebagai berikut:

Bounce rate is the percentage of visits that go only one page before exiting a site.There are a number of factors that contribute to your bounce rate. For example,visitors might leave your site from the entrance page if there are site design or usability issues. Alternatively, visitors might also leave the site after viewing a singlie page if they've found the information they need on that one page and had no need or interest in visiting other pages.

Bila diartikan dalam bahasa indonesia,menjadi seperti ini :

Bounce rate adalah nilai prosentase visitor yang hanya membuka satu halaman postingan blog sebelum ia pergi meninggalkan blog tersebut. Banyak faktor yang ikut berkontribusi terhadap tingginya prosentase bounce rate ini, contohnya : desain blog atau template blog yang kurang bermanfaat (dalam kacamata pandang sang visitor tentunya), kemungkinannya sang visitor akan meninggalkan blog atau situs tersebut setelah menemukan informasi yang dicarinya pada satu halaman tertentu dan merasa tidak tertarik untuk membuka halaman yang lainnya.

Dari uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa desain blog yang memadai serta mengutamakan sisi user friendly menjadi tolok ukur utama terjadinya bounce rate ini.
Bounce rate juga dapat dihitung dengan rumus berikut :

Bounce Rate = (jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman blog atau jumlah kunjungan total ) x 100%

 Semakin besar bounce rate yang dimiliki sebuah blog maka kinerja blog tersebut akan semakin buruk,sedangkan semakin kecil pada sebuah blog maka kinerja blog tersebut akan semakin baik. Dan agar kinerja blog semakin baik anda dapat mematok 20% sebagai nilai maksimal pada blog anda.

 Darimana kita dapat mengetahui informasi tentang Bounce rate blog yang kita miliki? Sebenarnya ada abanyak situs yang menyediakan fasilitas ini, namun yang paling populer dengan mempergunakan Google Analytics atau Alexa.

Beberapa Faktor Bounce Rate

Memiliki banyak faktor yaitu :
  1. Konten yang tidak membantu pengunjung dalam menyelesaikan masalahnya.
  2. Loading blog yang sangat lambat atau berat
  3. Isi konten yang tidak berhubungan dengan kata yang membawa mereka ke blog anda
  4. Tampilan blog yang kurang nyaman bagi visitor
  5. Pengunjung menekan tombol "back" pada browsernya
  6. Pengunjung melakukan klik pada salah satu iklan
  7. Pengunjung mengetik url baru pada browser yang sama
Bentuk aksi diatas akan menyebabkan pengunjung meninggalkan halaman website atau blog dan akan dihitung sebagai Bounce Rate, dengan catatan dia baru saja masuk ke satu halaman saja tanpa membuka halaman lain.

Lalu bagaimana cara mengurangi Bounce Rate yang tinggi dan memastikan bahwa dari mereka yang berkunjung akan mengunjungi halaman lain dalam situs anda?
Berikut ini adalah langkah-langkah mengatasi Bounce rate yang tinggi :

1. Buat Template Blog Anda Seo Friendly

Jika suatu blog memiliki loading yang berat untuk dimuat,pastilah pengunjung lansung merasa malas untuk melanjutkan. Selain karena kualitas artikel yang kurang berkualitas, bound rate ini juga sering ditimbulkan karena loading blog sangat lambat. Hal ini biasanya diakibatkan karena menggunakan template blog dengan template yang memiliki banyak JavaScript dan CSS ataupun terdapat banyak konten Flash sebagai plugin untuk membuat tampilan blog lebih menarik.Semakin cepat loading halaman maka semakin rendah tingkat bouncingnya.

2. Konten Blog Yang Berkualitas

Hal ini sudah tidak dielakkan lagi karena kata para blogger saat ini mengatakan "konten adalah raja". Semakin bagus atau tinggi kualitas artikel anda maka pengunjung akan tertarik pada artikel anda yang lainnya dan jika beruntung mereka akan membookmark atau mencatat url blog anda untuk dikunjungi lain kali, hal ini bisa  dikatakan bahwa kita telah mendapat pengunjung setia atau loyal visitor.

3. Internal Link Di Dalam Posting Blog

Internal link adalah cara yang efektif untuk memperbanyak pageview blog anda terutama apabila internal link yang anda masukkan memiliki hubungan dengan postingan anda itu sehingga si pengunjung tertarik mengunjungi artikel anda sebelumnya.

4. Menimalkan Iklan

Jika dalam blog memiliki banyak iklan dan para pengunjung datang berkunjung, biasanya para pengunjung atau pembaca akan enggan untuk membuka halaman yang lain, itu dikarenakan sangat mengganggu. Oleh sebab itu jangan memasang kode pop up secara berlebihan dan mengganggu pembaca ketika anda menikmati artikel yang ada di blog sobat. Hal ini juga cara untuk mengurangi tingkat pantulan atau bouncing.

5. Tulis Artikel Yang Original Dan Berkualitas

Jika artikel yang ditulis original dan berkualitas apalagi jika artikel tersebut menarik, tentu pengunjung akan senang hati membaca. Namun jika artikel itu membosankan, tentu saja pengunjung akan lansung meninggalkan situs kita,apalagi jika ditambah dengan loading yang berat.

6. Membuat Navigasi Yang Jelas

Navigasi yang jelas akan membuat pengunjug mudah dalam melihat blog anda. Anda juga bisa membuat navigasi halaman jika artikel blog anda sudah sangat banyak. Dengan kemudian kemudahan navigasi seperti itu pengunjung akan merasa nyaman blogwalking di web anda dan membaca artikel di dalamnya. Sebagai contoh adalah : tampilkan navigasi daftar isi (sitemap),tampilkan widget popular post, maksimalkan fungsi widget recent comments.


Kesimpulan akhir dari semua uraian diatas adalah membuat atau menjadikan blog kita lebih Users Friendly adalah faktor utama untuk menurunkan tingginya prosentse Bounce rate blog.

Semoga uraian saya ini dapat bermanfaat dan membantu menambah wawasan sobat semua.
Terimakasih sudah membaca,jangan lupa berkomentar yang relevan ya sobat. 


25 komentar:

  1. Baiklah gan, saya coba tips dari agan ^_^ semoga blog saya tidak terkena bounce rate ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di coba gan, senang membantu :)

      Delete
  2. tapi sob sangat sulit sekali rasanya kalo mematok bounce rate maksimal 20%, mungkin dengan tips dari sobat bisa membantu mengurangi nilai bounce rate dari blog saya, thx master. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. tetap semangat sob, jika blog masih baru mungkin bounce masih belum stabil, namun jika umur blog sudah 3 bulan, bounce rate bisa stabil..

      Delete
  3. haduh,,,, bener juga sih... kadang setelah itu langsung ditutup... hiks.. sedih ,,, nahaya kalo 1x kunjungan udah nggak mau berkunjung lagi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau artikel atau postingan menarik, pastinya pengunjung akan membuka yang lain, untung jika dibookmark jadi suatu saat pengunjung bisa berkunjung lagi
      thanks ya

      Delete
  4. wah bagus nih artikelnya gan lumayan untuk tips simpanan hehehe

    ReplyDelete
  5. hhhh punya ane juga kayak gitu

    ReplyDelete
  6. mnurut ane, kebanyakn blog yg niche "download", bounce ratenya tinggi gan, mungkin krna pengunjung datng trus lngsung keluar lewat link donloadnya..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya bisa jadi gan, karena mereka hanya ingin mendownload, setelah mendapat apa yang diinginkan, maka para viisitor akan kluar dan mengklik close
      thanks yaa..

      Delete
  7. Tips di atas memang ampuh kurangi bounce rate. Namun , apakah pemakaian fitur related-post pada akhir tiap-tiap postingan tidak dapat dipergunakan sebagai alat bantu untuk menurunkan tingginya prosentase bounce rate ini ? Mohon pencerahannya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan adanya related post sepertinya membantu untuk menurunkan bounce rate, karena jika judulnya menarik, mungkin saja visitor akan melihat artikel atau postingan yang lain
      thanks brosudah bertanya

      Delete
  8. nice gan, saya akan coba tipsnya ini, semoga membantu agar bounce rate tidak tinggi
    btw cara ngecek bounce itu gimana ya gan?
    mohon pencerahannya master ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara untuk mngecek bounce rate itu bisa melalui alexa rank bisa sob, ^_^
      terimakasih ya sudah bertanya

      Delete
  9. wah nebie seperti saya wajib baca nih :D

    ReplyDelete
  10. inin nyimak bro kunbal ya bro http://riosankazi.blogspot.com/2013/09/smartfren-windows-phone-ascend-w1.html?showComment=1379771199538#c5097411756824496610

    ReplyDelete
  11. standar bouncerate itu brp persen gan,,,?

    imamsafrullah2.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. standar bounce rate itu 20% bro, namun lumayan sulit juga sebenarnya agar bounce rate bisa 20%, namun tetap semangat aja bro ^_^
      jika blog masih baru mungkin bounce masih belum stabil, namun jika umur blog sudah 3 bulan, bounce rate bisa stabil..

      Delete
  12. Replies
    1. monggo gan dicoba, semoga dapat membantu :D

      Delete
  13. Sangat lengkap dan mudah dicerna. Terimakasih sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih sobat, :D semoga dapat membantu

      Delete
  14. terimakasih sobat, :d semoga dapat membantu
    komen baik y

    ReplyDelete
  15. Daftarkan Diri Anda Sekarang Juga Di www.bolacasino88.com Agen Judi Online Terpercaya Di Asia.

    Pelayanan Yang Professional Dan Ramah
    Di Jamin 100% Tidak Adanya BOT Dan ADMIN.

    - Minimal Deposit 20.000
    - Minimal Withdraw 50.000

    Dapatkan Hot Promo Kami Seperti :

    - Bonus Refferal Seumur Hidup
    - Bonus Sportsbook 100%
    - Cashback Sportbook 5% - 15%
    - Bonus Deposit Games 10%
    - Cashback Games 5%
    - Bonus Komisi Casino 0,8%

    NB : Syarat Dan Ketentuan Berlaku

    Nikmati 7 Permainan Dalam 1 Web Seperti:

    - Sports
    - Live Casino
    - Togel
    - Poker
    - Slot Games
    - Nomor
    - Financial

    Untuk Informasi Lebih Lengkap Silahkan Hubungi Customer Service Kami :

    - Live Chat 24 Jam Online
    - No Tlp ( +855962671826 )
    - BBM ( 2BF2F87E )
    - Yahoo ( cs_bolacasino88 )
    - Skype ( bola casino88 )
    - Facebook ( bolacasino88 Official )


    HOT NEWS : https://prediksitogelgoyangasoi.blogspot.co.id/2017/10/dilantik-jadi-gubernur-ini-pidato-sara.html

    https://prediksitogelgoyangasoi.blogspot.co.id/2017/10/karna-tidak-bawa-senter-pria-ini.html

    ReplyDelete

Dibaca dulu ya sebelum berkomentar ^__^
Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak.
Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus,TOLONG beri komentar yg relevan
2. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
3. Dilarang menggunakan link aktiv. Link aktiv tidak akan berpungsi.
4. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa PERSETUJUAN dari saya.
5. Bergabung dengan kami untuk menjadi member Klik "Join to Member "

Grazie ^_^

 
Top