BERBAGAI ALAT MUSIK TRADISIONAL | Hallo sobat ConneLo ic, maaf kemarin tidak update dikarenakan saya sendiri sibuk dengan dunia luar *waduh, nah baru sekarang deh kembali update. Saya masih ingat dihari minggu kemarin saya telah membuat artikel tentang Perbedaan Piano,Keyboard dan Organ . Nah setelah saya membuat artikel tersebut,ada masukan dari salah seorang teman untuk membuat tentang alat musik tradisional juga. Tenang saja sobat di ConneLo ic tidak hanya ada yang modern, tapi yang tradisional juga ada,pastinya tradisional dari Indonesia.


Nah kali ini saya ingin berbagi sedikit dengan sobat beberapa alat musik tradisional, Di Indonesia sendiri tentu memiliki beragam alat musik tradisional yang sangat unik. Nah berikut ini sekilas penjelasannya, cekidot.
selamat membaca

A. Alat Musik Pukul

1. Gamelan 

BERBAGAI ALAT MUSIK TRADISIONAL
Gamelan terdiri atas beberapa kelengkapan yaitu : gong, gendang, bonang, gambang, dan rebab. Gamelan terdapat di pulau jawa dan bali. Namun kalau di Jawa Barat disebut dengan Degung.






 2. Gong

Gong merupakan sebuah alat musik pukul yang sangat terkenal di Asia Tenggara dan Asia Timur. Gong ini digunakan untuk alat musik tradisional. Saat ini tidak banyak lagi perajin gong seperti ini.
Gong terbuat dari logam pipih dengan benjolan di tengahnya. Alat musik ini terdapat di daerah jawa, bali dan daerah bagian lainnya.Tampak seperti gambar diatas


3. Gendang 

BERBAGAI ALAT MUSIK TRADISIONAL
Kendang atau yang lebih kita kenal dengan sebutan gendang, adalah instrumen dalam gamelan Jawa Tengah yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama.Instrument ini dibunyikan dengan tangan tanpa alat bantu. Jenis gendang yang kecil disebut ketipung yang menengah disebut kendang ciblon.Pasangan ketipung ada satu lagi bernama kendang gedhe biasa disebut kendang kalih.
Gendang terbuat dari kulit binatang yang diregangkan pada kayu taung sebagai kotak resonansi (untuk mendapatkan efek gaung).
Gendang terdapat di daerah jawa bali dan daerah indonesia lainnya.

4. Bonang

BERBAGAI ALAT MUSIK TRADISIONAL
Bonang adalah salah satu bagian dari seperangkat gamelan jawa. 
Bonang berupa jajaran gong kecil dengan benjolan di tengahnya dan berada pada kotak resonansi.


5. Kolintang

BERBAGAI ALAT MUSIK TRADISIONAL
Kolintang merupakan alat musik dari Minahasa (Sulawesi Utara) yang mempunyai bahan dasar yaitu kayu yang jika dipukul dapat mengeluarkan bunyi yang cukup panjang dan dapat mencapai nada-nada tinggi maupun rendah seperti kayu telur, bandara, wenang, kakinik atau sejenisnya (jenis kayu yang agak ringan tapi cukup padat dan serat kayunya tersusun sedemikian rupa membentuk garis-garis sejajar).
Saat ini kolintang yang dibuat sudah mencapai 6 oktaf dengan chromatisch penuh.

6. Rebana

BERBAGAI ALAT MUSIK TRADISIONAL
Rebana adalah gendang berbentuk bundar dan pipih. Ini merupakan simbol dari kota bumiayu. Terbuat bingkai berbetnuk lingkaran dari kayu yang dibubut, dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing.
Terdapat hampir di seluruh Indonesia



7. Tifa

BERBAGAI ALAT MUSIK TRADISIONAL

Tifa merupakan alat musik khas indonesia bagian Timur, khususnya Maluku dan Papua. Alat musik ini bentuknya merupai kendang dan terbuat dari kayu yang dilubangi tengahnya. Tifa mirip dengan alat usik gendang yang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini terbuat dari sebatang kayu yang dikosongi atau dihilangi isinya dan pada salah satu sisi ujungnya ditutupi dan biasanya penutupnya digunakan kulit rusa yang telah dikeringkan untuk menghasilkan suara yang bagus dan indah. Bentuknya pun biasanya dibuat dengan ukiran. Setiap suku Maluku dan Papua memiliki tifa dengan ciri khas masing-masing.



8. Angklung

BERBAGAI ALAT MUSIK TRADISIONAL
Angklung adalah alat musik multional (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa sunda di pulau jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu dibunyikan dengan cara digoyangkan sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3 sampai 4 .
Alat musik ini sempat di klaim oleh negara tetangga yaitu malaysia namun berdasarkan Hak paten yang di daftarkan oleh Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan UNESCO PBB maka Indonesia di syahkan sebagai pemilik alat angklung ini.



B. Alat Musik Tiup

1. Suling

Suling adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu atau terbuat dari bambu. Suara suling berciri lembut dan dapat dipadukan dengan alat musik lainnya dengan baik.
Suling modern untuk para ahli umumnya terbuat dari perak dan emas atau campuran keduanya. Sedangkan untuk pelajar umumnya terbuat dari nikel-perak atau logam yang dilapisi perak.



2. Saluang

Saluang adalah alat musik tradisional khas Minangkabau Sumatera Barat. Yang mana alat musik tiup ini terbuat dari bambu tipis. Hampir mirip seperti suling. Orang minangkabau percaya bahwa bahan yang paling bagus untuk dibuat saluang berasal dari talang untuk jemuran kain atau talang yang ditemukan hanyut di sungai.
Panjang saluang kira-kira 40-60 cm dengan diameter 3-4 cm.

C. Alat Musik Petik

1. Kecapi

BERBAGAI ALAT MUSIK TRADISIONAL
Kecapi merupakan alat musik sunda yang dimainkan sebagai alat musik utama dalam Tembang Sunda. Kata Kecapti dalam bahasa sunda juga merujuk kepada tanaman sentul yang dipercaya kayunya digunakan untuk membuat alat musik kecapi.
Alat musik ini memakai jajaran dawai panjang pendek dengan tabung resonansi.


2. Sasando

BERBAGAI ALAT MUSIK TRADISIONAL
Sasando adalah sebuah alat instrumen petik musik. Instrumen musik ini perasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Secara harfiah nama sasando menurut asal katanya dalam bahasa rote, sasandu yang artinya yang begetar atau berbunyi. Konon sasando digunakan di kalangan masyarakat Rote sejak abad ke-7.
Bagian utama sasando berbentuk tabung panjang yang biasa terbuat dari bambu, lalu bagian tengah, melingkar dari atas ke bawah diberi ganjalan di mana senar yang direntangkan di tabung, dari atas kebawah bertumpu. Ganjalan ini memberikan nada yang berbeda kepada setiap petikan senar.





Nah sekian dulu dari artikel saya ini, semoga menambah pengetahuan sobat semua dalam pengetahuan musik ya. 
Tolong Jika berkomentar, berkomentarlah yang relevan, tidak menerima spam ^_^

24 komentar:

  1. alat musk tendang gak ada nih mas??? ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. alat musik tendang? di tendang? waduh saya kurang tau bang, mungkin bisa kita ciptakan sendiri? haha ^_^

      Delete
  2. muantab.... lengkap banget, salam dari..http://iklan-disini-gratis.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh gan pujiannya ketinggian hehe, sebenarnya agak kurang lengkap sih, nanti saya tambahkan lagi ^_^

      Delete
  3. bagus sob rencana mau bikin program gendang dengan java android untuk di jual buat anak 2 yang mau scripsi hehehe

    ReplyDelete
  4. nice info gan...
    rebana alat musik favorit ane...

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks gan,
      bagus gan, cinta indonesia ^_^

      Delete
  5. dulu pernah bisa maeninnya, sekarang lupa hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maenin apa sob? banyak pilihan di atas ^_^

      Delete
  6. Ada yang kurang sob, alat musik katel dan panci.. haha

    ditunggu kunbalnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ada ada saja sob, panci kok alat musik ^_^

      Delete
  7. wah ini sebagian besar aja ya bro??

    need komen > Waspada Kanker : http://nokanker.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh iya bro x_x sepengetahuan saya aja sih ini, nanti kapan-kapan akan saya tambahkan setelah mencari referensi :D

      Delete
  8. nice info gan,infonya mantap-mantap

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. kembali kasih gan, sering berkunjung disini ya

      Delete
  10. mengingatkan saya waktu masih SD,, belajar gamelan.. :)

    ReplyDelete
  11. Ayoooo ttep kembangkan budaya musik indonesia kita :)

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Sampe hari ini, aq masih dbuat bingung ama alat musik angklung.. Adudu..

    Salam dari qyutoz.blogspot.com gan..

    ReplyDelete

Dibaca dulu ya sebelum berkomentar ^__^
Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak.
Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus,TOLONG beri komentar yg relevan
2. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
3. Dilarang menggunakan link aktiv. Link aktiv tidak akan berpungsi.
4. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa PERSETUJUAN dari saya.
5. Bergabung dengan kami untuk menjadi member Klik "Join to Member "

Grazie ^_^

 
Top