JENIS JENIS GENRE MUSIK
JENIS JENIS GENRE MUSIK | Hai sobat ConneLo ic, wah update lagi nih padahal tadi pagi udah update ya. Tadi pagi ConneLo ic sudah membuat artikel tentang Cara Membuat Judul Blog Keren Dengan Gambar . Nah sekarang ConneLo ic akan menjelaskan sedikit tentang berbagai macam genre musik yang ada nih. Wah udah lumayan lama juga nih saya tidak update tentang musik, sekarang kembali update sob.
Nah kembali ke topik, Music di dunia itu berbagai macam sob, biasanya banyak orang yang menyukai musik a atau musik b namun tidak tau jenis atau genre musik tersebut. Nah buat sobat yang ingin tau berbagai jenis genre musik, yuk mari kita mulai, silahkan membaca cekidot ^_^ :

1. Dangdut

Dangdut merupakan salah satu dari genre seni musik Indonesia yang mengandung unsur-unsur musik Hindustan atau India klasik, Melayu, dan Arab. Bentuk musik ini berakar awal dasar dari Qasidah yang terbawa oleh Agama Islam yang masuk Nusantara tahun 635 - 1600 dan Gambus yang dibawa oleh migrasi oleh orang Arab tahun 1870 - sesudah 1888, kemudian menjelma sebagai Musik Gambus tahun 1930 oleh orang Arab-Indonesia bernama Syech Albar, selanjutnya menjelma sebagai Musik Melayu Deli pada tahun 1940 oleh Husein Bawafie, dan tahun 1950 pengaruh musik Amerika latin serta tahun 1958 dipengaruhi musik India melalui film Bollywood oleh Ellya Khadam dengan lagu Boneka India dan terakhir lahir sebagai Dangdut 1968 dengan tokoh utama Rhoma Irama.

Dalam evolusi menuju bentuk kontempoer sekarang masuk pengaruh unsur-unsur India (terutama dari penggunaan tabla) dan Arab (pada cengkok harmonisasi). Perubahan arus politik Indonesia pada akhir tahun 1960-an membuka masuknya perngaruh musik barat yang kuat dengan masuknya penggunaan gitar listrik dan juga bentuk pemasarannya. Sejak tahun 1970-an dangdut boleh dikatakan telah matang dalam bentuknya yang kontemporer. Sebagai msuik populer dangdut sangat terbuka terhadap pengaruh musik lain mulai dari keroncong,langgam, gambus, rock, pop bahkan house music

2. Pop

Musik pop (istilah yang awalnya berasal dari singkatan "populer") adalah sebuah genre musik dari musik populer yang berasal dalam bentuk modern pada 1950 an yang berasal dari rock and roll. Istilah musik populer dan musik pop sering digunakan secara bergantian meskipun yang pertama adalah deskripsi musik yang populer dan dapat termasuk gaya apapun, sedangkan yang terakhir adalah genre yang mengandung kualitas daya tarik massa

Sebagai genre, musik pop sangat ekletktik sering meminjam elemen dari gaya lain termasuk urban, dance, rock latin dan country. Musik pop umumnya dianggap sebagai sebuah genre yang komersial dicatat dan keinginan untuk memiliki daya tarik audiens massa.

3. Rock

Musik rock adalah genre musik populer yang diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50 an. Akarnya berasal dari rhytm dan blues, musik country dari tahun 40 dan 50 serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya termasuk musik rakyat, jazz dan musik klasik.

Bunyi khas dari musik rock sering berkisar sekitar gitar listrik atau gitar akkustik dan penggunaan back beat yang kentara pada rhytm section dengan gitar bass dan drum dan kibor seperti organ piano atau sejak 70 an, synthesizer. Di samping gitar atau kibar, saksofon dan harmonika dengan bergaya blues kadang digunakan sebagai instrumen musik solo. Dalam bentuk murninya musik rock mempunyai tiga chords, backbeat yang konsisten dan mencolok dan melodi yang menarik.

4. Jazz

Jazz adalah aliran musik yang berasal dari Amerika Serikat pada awal abad ke-20 dengan akar dari msuik Afrika dan Eropa.
Musik jazz banyak menggunakan gitar, trombon, piano trompet, dan saksofon. Elemen penting dalam jazz adalah blue notes, improvisasi, polyrhythms, sinkopasi dan shuffle note.

5. Reggae

Reggae adalah suatu aliran musik yang awalnya dikembangkan di Jamaika pada akhir era 60-an. Sekalipun kerap digunakan secara luas untuk menyebut hampir segala jenis musik Jamaika, istilah reggae lebih tepatnya merujuk pada gaya musik khusus yang muncul mengikuti perkembangan ska dan rocksteady.

Reggae berbasis pada gaya ritmis yang bercirikan aksen pada off beat atau sinkopasi yang disebut sebagai skank. Pada umumnya reggae memiliki tempo lebih lambat daripada ska maupun rocksteady. Biasanya dalam reggae terdapat aksentuasi pada ketukan kedua dan keempat pada setiap bar dengan rhytm juga memberi penekanan pada ketukan ketiga atau menahan kord pada ketukan kedua sampai ketukan keempat dimainkan. Utamanya ketukan ketiga tersebut selain tempo permainan bassnya yang kompleks membedakan reggae dari rocksteady, meskipun rocksteady memadukan pembaruan tersebut secara terpisah.

6. Hip hop

Hip-Hopd adalah sebuah gerakan kebudayaan yang mulai tumbuh sekitar tahun 1970an yang dikembangkan oleh masyarakat Afro-Amerika dan Latin-Amerika. Hip hop merupakan perpaduan yang sangat dinamis antara elemen yang terdiri dari MCing ,Djing, Breakdance dan graffiti. Belakangan ini elemen Hiphop diwarnai oleh beatboxing, fashion, bahasa slang dan gaya hidup lainnya.

7. Disko

Disko adalah satu aliran musik untuk dansa yang berkembang pada tahun 1970 di klub dansa Amerika Serikat. Disk Jockey di klub dansa memtuar serangkaian lagu dari piringan hitam tanpa terputus agar orang dapat terus menari tanpa berhenti. Istilah disko juga dipakai untuk acara, ruang atau gedung tempat orang berdansa atau menari diiringi rekaman musik sebagai bentuk hiburan. Disko berasal dari koata dischotheque bahasa perancis untuk klub dansa.


8. R&B

R&B (ditulis juga RnB, merupakan singkatan dari rhytm and blues) adalah genre musik populer yang menggabungkan jazz, gospel dan blues. Aliran jenis ini pertama kali diperkenalkan oleh pemusik Africa-Amerika. Istilah ini pertama kali dipakai sebagai istilah pemasaran dalam musik di Amerika Serikat pada tahun 1947 oleh Jerry Wexler yang bekerja pada majalah Billboard. Istilah ini RnB menggantikan istilah musik ras dan kategori Billboard Harlem Hit Parade pada juni 1949.

9. Blues

Blues adalah namayang diberikan untuk kedua bentuk musik dan genre musik yang diciptakan terutama dalam Masyarakat Afrika-Amerika di Deep South Amerika Serikat pada akhir abad ke 19 dari lagu rohani, lagu kerja, hollers lapangan, teriakan dan narasi sederhana berirama balada.
The blues dimana-mana dalam bentuk jazz, RnB dan rock n roll dicirikan oleh kord progresif tertentu dengan dua belas bar akord miring progresi yang paling umum dengan nada miring, mencatat bahwa tujuan ekspresif yang dinyanyikan atau dimainkan secara bertahap atau menekuk sehubungan dengan lapangan dari major scale

10. Country

Musik Country adalah campuran dari sejumlah unsur musik Amerika yang berasal dari Amerika Serikat bagian selatan dan pegunungan Appalachia. Musik ini berakar dari lagu rakyat Amerika Utara, musik kelt, musik gospel dan berkembang sejak tahun 1920-an.Istilah musik country mulai dipakai sekitar tahun 1940-an untuk menggantikan musik hillbilly yang berkesan merendahkan. Pada tahn 1970 istilah musik country telah populer. Istilah lain musik ini adalah country and western namun sudah semakin jarang dipakai kecuali di Britania Raya dan irlandia.

Gimana sobat? Panjang banget ya? baca nya pelan pelan aja sob ^_^ Kalau satu hari gabisa diselesaikan,bisa lanjut besok lagi bacanya hehe
Yah itulah sedikit yang bisa saya bagikan sob, Setelah mencari berbagai referensi. Cukup panjang juga.
Keep Music sob ^_^ 

26 komentar:

  1. PERTAMAXXXXX!!
    komen balik ya? http://rarul-share.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh gagal pertamax sob, haha
      sgera ke tkp sob

      Delete
  2. wah baru tau nih kalo jenis musik banyak suaradetik.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. sbenarnya masih banyak lg sob, bukan cuma itu saja :D
      thanks ya uda mampir

      Delete
  3. thanks sob atas infonya, saya baru tau kalo musik genrenya banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih banyak lg yg lain sob :D
      sering sering mampir ya sob

      Delete
  4. Wah mantab Blow info nya
    aku kirajenis genre musik hanya ada
    -dangdut
    -rock
    -jazz, dan hip hop
    ternyata ada lagi thx info

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh tidak hanya itu gan, masih banyak, bahkan dr artikel ane masih banyak lg jenisnya :D
      keep music ^_^

      Delete
  5. Nice artikel sob ..
    Saya baru tau ternyata banyak juga genre musik yang unik dan memiliki ciri khas yang menarik ..
    Saya sendiri sangat suka sekali dengan genre perpeduan antara Pop dan Rock , karena ke-2 genre ini menurut saya saling berkesinambungan, dan akan nampak lebih garang dan sangat jika digabungkan :D
    Seperti Band Jepang Favorit saya L'arc en ciel

    blogwalking kawan :
    darkflash21.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob, masing masing jenis memiliki ciri khas :D
      wah kalo ane btw karena ane bassist nih sob, ane favorit alternative rock seperti muse dan jg seperti bondan yg bergenre rock & pop kadang dipadukan dengan rap dan jg jazz. multi talent ya, haha

      Delete
  6. wah keren sekali sob, musik beraneka ragam ya ternyata
    nambah pengetahuan ane sob, thanks ya

    ReplyDelete
  7. terimakasih pengetahuannya, jadi lebih mengenal musik :D

    ReplyDelete
  8. baru pernah denger nih ada musik jenis Country

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahkan masih ada lg yg mungkin agan belum tau :D

      Delete
  9. Kunjungan baliknya yagan? http://rarul-share.blogspot.com/

    ReplyDelete
  10. nice info sob, thanks ya infonya tentang musik

    ReplyDelete

Dibaca dulu ya sebelum berkomentar ^__^
Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak.
Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus,TOLONG beri komentar yg relevan
2. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
3. Dilarang menggunakan link aktiv. Link aktiv tidak akan berpungsi.
4. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa PERSETUJUAN dari saya.
5. Bergabung dengan kami untuk menjadi member Klik "Join to Member "

Grazie ^_^

 
Top