MUSIK YANG DIMAINKAN DALAM BANYAK ORANG
MUSIK YANG DIMAINKAN DALAM BANYAK ORANG | Hai sobat conneLo ic, apa kabar sebelumnya? Pasti baik tentunya, Nah kali ini saya update lagi nih kawan, yang sebelumnya saya sedikit membahas soal Siapakah Dirimu Didalam Band? , nah kali ini tetap seputar musik yaitu musik yang membutuhkan banyak orang untuk menjadi enak dimainkan. Ada berbagai macam sebenarnya, mari kita bahas satu persatu.
Ini dia, cekidot



1. Band


Band tentunya salah satu permainan musik yang butuh dimainkan dalam banyak orang. Biasanya dalam band terdiri dari vokal,bass,gitar,keyboard,dan drum, namun banyak juga band yang menyertakan 2 pemain gitar yaitu gitar rhytem dan gitar melodi. Bahkan ada juga yang menambahkan lagi vokal ke dua, dalam hal ini berarti sudah 7 orang, maka dari itu band termasuk permainan musik yang membutuhkan beberapa orang untuk dapat dimainkan.


2. Marching Band


MUSIK YANG DIMAINKAN DALAM BANYAK ORANG
Ada band, ada pula Marching band. Nahlo apa pula itu Marching Band? Jika kawan semua suka melihat Spongebob, disana ada salah satu episode kesukaan saya yang memainkan Marching band ini.
Namun saya tetap menjelaskannya kok ^_^.
Marching band adalah istilah dalam bahasa inggris yang mengacu kepada sekelompok barisan orang yang memainkan satu atau beberapa lagu dengan menggunakan sejumlah kombinasi alat musik (tiup, perkusi dan sejumlah instrumen pit) secara bersama-sama. Penampilan marching band merupakan kombinasi dari permainan musik tiup dan perkusi serta aksi baris-bebarisnya dari pemainnya. Umumnya penampilan marching band dipipmpin oleh satu atau dua orang komandan lapangan dan dilakukan baik di lapangan terbuka maupun lapangan tertutup dalam barisan yang membentuk formasi dengan pola yang senantiasa berubah-ubah sesuai dengan alur koreografi atas lagu yang dimainkan dan diiringi pula dengan aksi tari yang dilakukan oleh sejumlah pemain bendera.

Marching band umumnya dikategorikan menurut fungsi, jumlah anggota, komposisi dan jenis peralatan yang digunakan serta gaya/corak penampilannya. Pada awalnya marching band dikenal sebagai nama lain dari drum band. Penampilan marching band pada mulanya adalah sebagai pengiring parade atas perayaan ataupun festival yan dilakukan dalam bentuk barisan dengan pola yang tetap dan kaku, serta memainkan lagu-lagu mars.

Komposisi musik yang dimainkan marching band umumnya bersifat lebih harmonis dan tidak semata-mata memainkan lagu dalam bentuk mars, ragam peralatan yang digunakan lebih kompleks, formasi barisan yang lebih dinamis, dan corak penampilannya membuat marching band merupakan kategori yang terpisah dan berbeda dengan drum band yang umumnya memiliki komposisi penggunaan instrumen perkusi yang lebih banyak dari instrumen musik tiup. Adaptasi lebih lanjut dari penampilan marching band di atas panggung adalah dalam bentuk brass band.

3. Orchestra


MUSIK YANG DIMAINKAN DALAM BANYAK ORANG
Orchestra adalah kelompok musisi yang memainkan alat musik bersama. Mereka biasanya memainkan musik klasik.
Symphony orchestra atau philharmonic orchestra adalah sebuah orkestra yang beranggotakan sekitar 100 orang. Sebuah orkestra kamar (orkestra yang lebih kecil) bisa beranggotakan 50 orang. Dan ada juga yang lebih sedikit daripada jumlah tersebut. Namun jumlah anggota pasti yang digunakan di orkestra berbeda-beda, tergantung pada karya yang dimainkan dan juga luas tempat konser. 

Alat musik yang dimainkan dalam orkestra simfoni biasanya berupa alat musik gesek atau string, tiup antra lain woodwind dan brass, dan pukul atau perkusi. Dalam alat musik gesek atau string, dapat dibagi menjadi empat alat musik, yaitu biola atau violin, biola alto atau viola, cello, dan double bass atau kontra bass. Di seksi alat musik tiup, khususnya di bagian woodwind, dibagi lagi menjadi empat alat musik utama yaitu, flute, oboe, clarinet, dan basson. Di bagian brass yang sering digunakan adalah horn. Dalam alat musik perkusi biasanya yang digunakan adalah timpani. Perbedaan dari alat musik tiup woodwind dengan brass adalah sura yang dihasilkan, dan juga bahan pembentuk instrumen tersebut. Woodwind terbuat dari kayu dan sekarang sudah tidak mudah lagi untuk menemukan kayu yang baik maka bahan pembuatnya diganti menjadi logam, tetapi jenis suara yang dihasilkan tidak jauh berbeda dari aslinya. Brass terbuat dari kuningan dan suara yang dihasilkannya lebih berat dan keras daripada alat musik tiup woodwind.

Instrumen-instrumen tersebut merupakan instrumen yang selalu digunakan dalam orkestra simfoni. Selain itu ada juga alat-alat musik tambahan yang tidak wajib digunakan, namun masih dapat dikatakan standar dalam orkestra. Untuk alat musik gesek/string tambahannya adalah harpa. Untuk alatmusik tiup woodwind instrument tambahannya adalah piccolo, English horn, Bass clarinet dan kontrabasson. Untuk musik tiup brass ada beberapa tambahan yaitu trumpet.

4. Angklung


Angklung adalah alat musik multitonal (bernada ganda) yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat berbahasa sunda di pulau jawa bagian barat. Alat musik ini dibuat dari bambu dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3 sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar atau kecil.
Memainkan sebuah angklung sangat mudah. Seseorang tinggal memegang rangkanya pada salah satu tangan (biasanya tangan kiri) sehingga angklung tergantung bebas, sementara tangan lainnya (biasanya tangan kanan) menggoyangnya hingga berbunyi.
Sementara itu untuk memainkan satu unit angklung guna membawakan suatu lagu, akan diperlukan banyak pemusik yang dipimpin oleh konduktor. Pada setiap pemusik akan dibagikan satu hingga empat angklung dengan nada berbeda-beda. Kemudian sang konduktor akan menyiapkan partitur lagu dengan tulisan untaian nada yang harus dimainkan. Konduktor akan memberi aba-aba dan masing-masing pemuik harus memainkan angklungnya dengan tepat sesuai nada dan lama ketukan yang diminta konduktor. Dalam memainkan lagu ini para pemain juga harus memperhatikan teknik sinambung yaitu nada yang sedang berbunyi hanya boleh dihentikan segera setelah nada berikutnya mulai berbunyi.

5. Gamelan


MUSIK YANG DIMAINKAN DALAM BANYAK ORANG
Gamelan adalah ansambel musik dari Indonesia biasanya dari pulau bali atau jawa. Menampilkan berbagai instrumen seperti metalofon, xylophone, drum dan gong, seruling bambu, membungkuk dan memetik senar. Vokalis juga dapat dimasukkan.

Istilah ini lebih mengacu kepada seperangkat instrumen daripada pemain instrumen tersebut. Gamelan adalah seperangkat instrumen sebagai identitas yang berbeda. Dibangun dan disetel untuk tetap bersama. Instrumen gamelan yang berbeda dari biasanya tidak dipertukarkan. 
Biasanya pemain dari alat musik gamelan berjumlah 11 orang yaitu:

  1. Kendhang
  2. Demung, Saron, Peking
  3. Gong dan Kempul
  4. Bonang
  5. Slenthem
  6. Kethuk dan Kenong
  7. Gender
  8. Gambang
  9. Rebab
  10. Siter
  11. Suling


Kita masih sering melihat permainan gamelan yaitu dalam acara telivisi yaitu opera van java yang iringan musik nya menggunakan gamelan ini. Bahkan dari gambar diatas, pemain arsenal pun bermain gamelan. Wow ya.


Nah itulah beberapa dari saya , sebenarnya memang masih banyak lagi yang lain sobat.
Terimakasih sudah membaca ^_^
Silahkan berkomentar yang relevan, no spam


Semoga Bermanfaat




19 komentar:

  1. orchestra is very elegant,and cool, like a ony's and friend, i'm very like. thanks again about music :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh yeah, i know it.
      thanks for your comment ^_^

      Delete
  2. nice share gan, masih banyak lagi musik yg dimainkan dalam banyak orang yg lain gan, just saran ^_^
    happy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang masih banyak lagi yg lain gan, itu belum seberapa
      thanks yaa

      Delete
  3. nambah wawasan :)
    kunjungi juga blog saya gan .

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks sudah mampir disini gan :D
      donee ^_^

      Delete
  4. Wew.. mantab gan infonya..

    keep posting ya..

    ReplyDelete
  5. band tabok (marawis) juga dimainkan banyak orang sob. ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh apa itu sob? kayak pernah denger, tapi lupaa yang kayak gimana :D

      Delete
  6. thx gan infonya bermanfaat banget

    ReplyDelete
  7. nice info gan,,,
    ane pernah liat ada juga musisi yg mainin gitar banyak orang gan,,,
    kalo gak salah namanya Walk off the Earth.. keren gan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks gan
      oh iya, pernah denger juga gan. thanks yaa ^_^

      Delete
  8. terima kasih sudah share sob...nice info
    wah itu keren bule main gamelan :D
    Palinng suka dengan angklung, apalagi indonesia sudah memecahkan rekor dunia main angklung dengan pemain angklung terbanyak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama sob ^_^
      itu pemain arsenal sob, waktu kmaren arsenal tanding di gbk disempetin maen gamelan haha
      bener banget tuh sob, love indonesia :D

      Delete
  9. kalo instrumen musiknya dimainkan sendiri pasti aneh rasanya ya bro :P

    need komen > Waspada Kanker : http://nokanker.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah bukan aneh lagi bro, memainkan instrumen musik butuh banyak orang, tidak hanya sendiri. Kalau bermain sendiri itu namanya solo, atau misal bermain piano sendiri, atau drum sendiri itu berarti piano cover atau drum cover.
      thanks ya sudah mampir gan ^_^

      Delete

Dibaca dulu ya sebelum berkomentar ^__^
Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak.
Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus,TOLONG beri komentar yg relevan
2. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
3. Dilarang menggunakan link aktiv. Link aktiv tidak akan berpungsi.
4. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa PERSETUJUAN dari saya.
5. Bergabung dengan kami untuk menjadi member Klik "Join to Member "

Grazie ^_^

 
Top