MANGGA DAN BERAGAM MANFAATNYA
MANGGA DAN BERAGAM MANFAATNYA | Hallo sobat connelo ic,tak terasa sudah hari minggu lagi ya. Di hari minggu ini,saya ingin berbagi info tentang kesehatan nih,khususnya manfaat kesehatan dari buah. Sedikit membahas yang sebelumnya, saya telah membahas tentang Algoritma Google Terbaru Hummingbird. Nah kali ini saya akan membahas tentang mangga.
Tanaman mangga atau biasa juga dikenal dengan nama mapelam merupakan kerabat dari Mangifera yang menghasilkan dengan nama yang sama.Pohon dari tanaman mangga berupa kayu dengan ketinggian batang yang bisa mencapai angka maksimal 40 meter. Jika menurut sejarahnya pohon mangga ini pertama kali ditemukan di India juga Burma. Namun pada perkembangannya buah dengan rasa manis dan asam ini telah menyebar ke seluruh pelosok dunia termasuk Indonesia di dalamnya. Tak hanya nikmat buah yang satu ini juga telah lama tersohor berkat khasiat bagi manusia.

Kandungan nilai gizi khasiat dan manfaat buah mangga bagi kesehatan dan kecantikan, karena buah mangga mengandung vitamin C, vitamin A,vitamin B6, vitamin E, pektin, fosfor, kalium, magnesium, astraglin, betakaroten, quercetin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jenis buah mangga sangat banyak macamnya dan bisa di dapatkan di pasar atau toko buah.

Manfaat buah mangga ini telah dibuktikan oleh orang-orang.Lansung saja ini dia, cekidot.

1. Mencegah Kanker

Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah dimana para peneliti mendapatkan fakta menarik seputar kandungan anti-oksidan dalam sebuah mangga. Anti-oksidan ini sangat berperan dan efektif melindungi tubuh manusia dari berbagai resiko kanker, seperti pada payudara, usus besar, kanker darah, prostat dan masih banyak lagi lainnya. Senyawa yang ada di dalam buah mangga yang sangat ampuh mereduksi ancaman kanker adalah asam galat, astragalin, filsetin, quercetin dan juga methylgallat.

2. Membantu Pencernaan

Buah mangga sangat membantu dalam mengobati masalah pencernaan. Buah mangga mengandung enzim pencernaan yang membantu memecah protein untuk memfasilitasi penyerapan dalam tubuh, sehingga meningkatkan sistem pencernaan. Kandungan serat dalam mangga juga membantu dalam pencernaan.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Buah mangga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, vitamin E dan Selenium yang membantu melindungi terhadap penyakit jantung. Buah mangga juga kaya akan vitamin B6 yang berperan dalam mencegah penyakit jantung dengan menurunkan kadar homocysteine (Homosistein adalah asam amino dalam darah yang merusak lapisan pembuluh darah)

4. Untuk kesehatan mata,mulut dan tenggorokan

Kandungan riboflavinnya sangat baik untuk kesehatan mata,mulut dan juga tenggorokan

5. Sebagai Pembersih Darah

Buah mangga bisa berfungsi sebagai desinfektan, pembersih dawrah yang dapat menanggulangi dan mengobati beragam penyakit dan gangguna kesehatan seperti bau badan yang tidak sedap. serta dapat menurunkan suhu badan pada saat demam. Hal ini ditungjang karena mangga mengandung riboflavin yang baik untuk kesehatan.

6. Untuk Menurunkan Resiko Stroke

Buah mangga mengandung kalium. Kalium mempunyai fungsi meningkatkan keterarturan denyut jantung, mengaktifkan kotradiksi otot dan membantu tekanan darah. Konsumsi kalium yang memadai dapat mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah dan secara bebas memberikan kontribusi terhadapt penurunan resiko karena stroke.

7. Menjaga Kesehatan Gigi Dan Gusi

Disamping berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi. Ia membantu penyerapan zat besi dan dapat menghambat produksi natrosamin, satu zat pemicu kanker. Vitamin C mampu pula membuat jaringan penghubung tetap normal dan membantu penyembuhan luka.

8. Khasiat Sebagai Antioksidan Tubuh

Mangga pun merupakan sumber beta-karoten, kalium dan vit C. Beta karoten adalah zat yang didalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk retina). Dan juga dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebeas. Radikal bebas adalah molekul tak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari, asap rokok dan pengaruh lingkungan lainnya.

9. Meningkatkan Gairah dan Energi Seks

Manfaat yang satu ini tentunya sangat didambakan mereka yang telah berpasangan. Kabarnya kadar vitamin E di dalam mangga bisa membantu meningkatkan gairah seks. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi buah mangga setiap hari.

10. Membuat Kulit Lembut dan Bersinar

Makan mangga dapat membuat kulit anda lebih lembut dan bercahaya. Anda dapat mengoleskan kulit mangga ke wajah selama kurang lebih 10 menit untuk mengeluarkan kotoran pori-pori yang tersumbat di kulit sehingga mengurangi jerawat yang merupakan masalah kesehatan wajah paling umum.

11. Buah Mangga dapat Menyembuhkan Berbagai Macam Penyakit

Mangga berkhasiat membantu menyembuhkan berbagai penyakit diantaranya radang kulit, influenza, asma, gangguan penglihatan, gusi berdarah, radang tenggorokan, radang saluran nafas, sesak nafas dan borok. Selain itu juga bisa mengatasi bisul, kudis, eksim, perut mulas, diare, mabuk perjalanan, kurang nafsu makan, keputihan, gangguan menstruasi, hernia dan rematik. Dan juga kandungan zat besi pada buah mangga dapat sebagai penambah zat darah merah (mencegah anemia).

12. Sebagai Peningkat Daya Ingat

Mangga mengandung nutrisi yang menyehatkan, Menurut pakar nutrisi mangga mengandung banyak mineral, zat besi dan vit A,C. Agar saraf diotak dapat bekerja maksimal, perlu mineral yang cukup, mangga bisa membantu daya ingat.

Disebutkan mangga dapat kaya akan potassium yang salah satu fungsinya adalh membantu badan dan pikiran tetap prima. Di otak,potassium dibutuhkan sel otak untuk menghantarkan sinyal listrik. Potassium dalam jumlah kecil terdapat dalam sel otak. Kekurangan potassium dapat menyebabkan respon otak melambat layaknya orang yang habis minum alkohol.

Kandungan lainnya adalah asam glutamin yang pada banyak penelitian terbukti mampu meningkatkan daya ingant. Asam glutamin ini berfungsi sebagai bahan bakar ota yang mengontrol kelebihan amonia (bersifat racun) yang terbentuk di tubuh akibat proses biokimia.

Sekian dulu dari saya pada postingan kali ini, semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi sobat semua.Masukan dan tambahan sangat saya harapkan dari sobat semua, jadi jika berkomentar tolong yang membangun.

29 komentar:

  1. selain rasanya nikmat, banyak manfaatnya. Nice

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan,pas banget ya, enak dan bermanfaat :D

      Delete
  2. Wah, trnyata bnyak jg manfaat mangga, nice post gan..
    Salam dri theenglishcamp.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, kaya akan manfaat ^_^
      salam juga dari connelo ic

      Delete
  3. Ternyata Banyak Juga Ya Manfaatnya :d

    ReplyDelete
  4. nice artikelnya gan wow banyak juga

    ReplyDelete
  5. ada 12 manfaat, tapi yang paling saya suka adalah nomor 9. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. walah setuju juga saya kalo gitu sama nomer 9 :D
      haha

      Delete
  6. Nice gan :D Ternyata banyak bgt manfaatnya :)

    ReplyDelete
  7. Kalau ngomongin mangga aku jd ngiler ni., pengen nyantaap..haha :p
    http://blogzamzo.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya gan, enak sih ya rasanya
      thanks ya gan kunjungannya ^_^

      Delete
  8. terimakasih infonya sob,
    ternyata banyak juga manfaatnya

    ReplyDelete
  9. wah ternyata banyak manfaatnya jadi nafsu makan mangga nih wkwkwkwkwk :-d (h)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha sama ane juga gan :D
      thanks ya udah berkunjung

      Delete
  10. sudah jarang sekali saya makan buah-buahan, harus ngisi buah minimal sebulan sekali ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh harus ditingkatkan lg makan buahnya tuh gan :-)

      Delete
  11. Tapi paling enak kalo mangga tetangga =))

    ReplyDelete
  12. Wah.. banyak juga ya manfaatnya mangga (h)

    ReplyDelete
  13. thanks gan infonya, sangat bermanfaat sekali :d

    ReplyDelete
  14. Saya paling suka makan mangga, terima kasih infonya, sangat bermanfaat, jadi tahu, ternyata mangga memiliki banyak manfaat, salam blogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama gan saya juga suka :D
      oke senang berbagi,sering mampir yaa

      Delete
  15. nice infonya gan... rajin2lah ngepost buah yg brmanfaat bro
    kunjungi juga pelajarlog.blogspot.com

    ada juga buah yg brmanfaat

    ReplyDelete
  16. saya paling suka yg namanya buah mangga lho ^_^

    salam kenal mas dari saya :>)

    ReplyDelete
  17. info yg sangat bermanfaat gann,,, nice post

    ReplyDelete
  18. mangga udah enak, manis, punya beragam manfaat lagi...

    ReplyDelete
  19. banyak banget ternyata manfaatnya

    ReplyDelete

Dibaca dulu ya sebelum berkomentar ^__^
Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak.
Semua umpan balik saya hargai dan saya akan membalas pertanyaan yang menyangkut artikel di Blog ini sesegera mungkin.

1. Komentar SPAM Akan secepatnya dihapus,TOLONG beri komentar yg relevan
2. Cek komentar masuk sebelum bertanya.
3. Dilarang menggunakan link aktiv. Link aktiv tidak akan berpungsi.
4. Dilarang menyebarluaskan artikel tanpa PERSETUJUAN dari saya.
5. Bergabung dengan kami untuk menjadi member Klik "Join to Member "

Grazie ^_^

 
Top